Hukum 2 Newton

http://www.physics-chemistry-interactive-flash-animation.com/mechanics_forces_gravitation_energy_interactive/newton_s_second_law_force_mass_acceleration.htm

hk2newton

ubah-ubahlah kecepatan peluru menggunakan slider yang ada di bawah dalam satuan m/s dan sudut elevasi peluru, ketinggian asal peluru dapat diubah dari 10 meter atau 50 meter menjadi nol (agar sejajar di permukaan tanah).

Catat setiap titik pertemuan X dan Y menurut ukuran yang tertera pada grafik pada setiap urutan angka, kemudian perhatikan vektor pada setiap kedudukan partikel yang sudah ditampilkan.

Gerak benda yang ditampakkan adalah gerak akibat gaya lempar (throw) – tekan tombol tersebut untuk menggerakkan benda.

Pengamatan vektor menunjukkan fase-fase gerak benda dalam gerak peluru (gerak parabola) yang sebenarnya menunjukkan adanya perubahan momentum p = m x v (massa x kecepatan benda) karena benda bergerak dari keadaan diam menjadi memiliki kecepatan tertentu. Hal ini hanya dimungkinkan oleh ada penyebab gerak yakni Gaya dan gaya memicu adanya percepatan (perubahan kecepatan setiap saat).

Jika anda amati dengan teliti seusai animasi ada rentang waktu gerak yang tampak pada sumbu Y bagian atas, maka setiap percobaan dengan parameter yang berbeda agar rentang waktunya dicatat.

 

 

#animasi-fisika, #fisikarudy, #hukum-2-newton, #percobaan-fisika, #percobaan-visual-fisika