Mekanika : Dinamometer

Percobaan ini mengunakan animasi yang terdapat pada alamat http://www.physics-chemistry-interactive-flash-animation.com/mechanics_forces_gravitation_energy_interactive/dynamometer_weight_measurement.htm

Yang bertujuan menyatakan hubungan antara gaya berat, pertambahan panjang pegas, konstanta pegas atau untuk menghitung percepatan gravitasi bumi.

dinamometer

Pada animasi tersebut digantung beban dan dinyatakan dalam gaya berat (bersatuan newton atau N) dan pada saat yang sama beban juga ada dinyatakan dalam satuan massa (gram).

Jika massa beban diubah-ubah, maka berat benda pun akan berubah.

Siswa diharapkan dapat menentukan konstanta pegas yang digunakan untuk mengukur berat benda berdasarkan pertambahan panjang pegas pada setiap beban.

Caranya :

Pada berat 0,49 N tentukan panjang pegas, jika beban ditambah dan beratnya berubah dari 0,49 kemudian catat pertambahan panjang pegas.

Konstanta pegas diperoleh dari hasil bagi antara Selisih Gaya berat dibagi Selisih pertambahan panjang pegas

Siswa dapat pula menghitung percepatan gravitasi bumi berdasarkan berat benda terhadap massa benda.

Percepatan gravitasi bumi diperoleh dengan cara membagi Berat Benda terhadap massa benda (sebelumnya satuan massa benda diubah menjadi kilogram). Percepatan gravitasi benda dinyatakan dalam satuan m/s2

 

#fisika, #gaya-berat, #gravitasi-bumi, #hukum-newton, #mekanika, #palangka-raya, #pegas, #percobaan-fisika, #smada