Kunjungan Kepala Sekolah

Pagi ini pukul 6.10 WIB aku sudah membuka laboratorium komputer tempatku bekerja dan menuliskan blog sembari mencari bahan-bahan ujian menghadapi tes pada 22 November 2015 sore.

Sedang asyik-asyiknya bekerja dan mencari materi ujian untuk dibaca-baca, tak berapa lama, pintu laboratorium yang tengah terbuka kedatangan seorang yang gagah dan berwibawa berkacamata dengan jenggot tipis di dagunya,

Seorang laki-laki yang masih muda dan gagah tengah berdiri menatap isi seluruh tempatku bekerja, seluruh pelosok ruang disapu pandangan dan memang masih banyak yang harus dibenahi

Ujarnya, ruang ini masih harus diperbaiki dan bagaimana dengan deretan komputer ini? sambil jarinya menunjuk deretan desktop bekas yang telah disusun Pak Harry Septonadi di tengah ruang menanti uluran dana dari donatur untuk diperbaiki dan masuk perbengkelan.

“Sudah dianggarkan pak untuk diperbaiki, usulan sedang diproses oleh Pak Haji,” ujarku sambil merujuk seseorang pejabat sarana di sekolah kami

Dia menggangguk ringan yang menandakan sesuai harapan, kemudian beliau melanjutkan dengan cerita usulan, “mudah-mudahan tahun depan sekolah kita segera realisasi bantuan komputernya, karena saya beberapa lama lagi akan menyusulkan usulan lain.” Begitu tuturnya yang kemudian berlanjut hingga saat masih menjadi mahasiswa, usulan melanjutkan pendidikan di luar negeri sampai Thailand.

Sebagai guru dan petugas laboratorium, saya bangga merasa dikunjungi Kepala Sekolah, sebab biasanya kami yang menghadap beliau di ruang kerjanya. Selain itu kunjungan Kepala Sekolah ke setiap ruang dan unit kerja secara tidak langsung memberi motivasi dan semangat kepada petugas dan guru yang bertanggung jawab dalam ruang tersebut.

Kunjungan Kepala Sekolah memberi suntikan semangat dan gairah bekerja yang berarti tidak ada jarak (walau secara hirarkis harus tetap ada gap antara pimpinan sekolah dengan yang dipimpin), semangat dan motivasi yang dipancarkan melalui obrolan hangat, cerita yang terbuka, pengalaman-pengalaman yang disebarkan dalam pembicaraan menjadi gairah kerja dan passion. 

Semoga harapan dengan kunjungan kerja Kepala Sekolah ini, dapat memberikan harapan baru terhadap pembenahan dan peningkatan kualitas ruang layanan di sekolahku.

oh ya, Pak Mi’razul Haidi, MPd adalah nama dari Kepala Sekolah baru kami. Beliau sebelumnya bertugas di SMA Negeri-4 Palangka Raya dan menggantikan bu Badah Sari, MM yang sekarang menjadi Kepala di SMA Negeri-1 Palangka Raya.

Perbedaan selalu ada dan bahkan memperkaya serta memberi variasi keteladanan yang bisa memacu semangat dan kinerja organisasi.

Selamat dikunjungi Kepala Sekolah! Jangan pernah alergi . . . .