Zona 1 #kehidupan

Kehidupan bagi seorang guru tidak lepas dari kelas yang diajar dan kelas yang dibimbingnya serta diberikan kewenangan kepada guru yang bersangkutan untuk dikelola dan dibina (bukan dibinasakan dengan memberi nilai mati atau angka tak hidup).

bersama bpk BHt

Pekerjaan dalam kehidupan guru adalah suasana kelas, mengajar, melatih, membimbing, mengevaluasi, memberikan laporan kepada orang tua para peserta didik yang diajarnya, menjalin hubungan masyarakat melalui komunikasi intensif secara oral (lisan) atau tertulis melalui rapot (kami menyebutnya sekarang Laporan Capaian Kompetensi Peserta Didik) dulunya disebut Laporan Hasil Belajar Siswa eh ujung-ujungnya masih disebut rapot juga . . .

Bagiku, zona kehidupanku adalah kelas dan atmosfer yang lebih besar adalah sekolah. Kelas dan sekolah merupakan tempat yang paling indah tetapi di sisi lain tempat yang kurang nyaman tapi harus disenangi dan diakui. Sebab di lingkungan dan atmosfer inilah, aku hidup, aku bernafas, aku tumbuh, aku berkembang dan terus bertambah (kadang bisa berkurang dan didegradasi), dan itulah hal-hal yang harus kujalani dan kutapak setiap hari.

Ibarat masa tuaian yang terjadi setiap akhir semester, akhir tahun pelajaran, akhir periode tiga tahunan. Ada bibit-bibit pelajar yang sudah ditanam semenjak tahun pertama hingga tahun ketiga bersama-sama, ada juga yang diserahkan kepadaku pada memasuki masa tahun ketiga di SMA. Setiap hari-hari belajar, sesuai dengan jadwal, sesuai waktu belajar tambahan, sesuai dengan waktu mereka ingin belajar di luar sekolah bersamaku, aku mendampingi dan melatih mereka agar kelak menjadi generasi yang siap belajar di pendidikan yang jenjangnya lebih tinggi terlebih-lebih menjadi siap berada di tengah masyarakat yang rumit dan heterogen ibarat planet-planet baru yang lahir di antara bintang-bintang baru milyaran tahun kemudian menjadi susunan galaksi yang tersendiri dan memiliki keunikan, ciri khas dan karakter sendiri.

bersama pak BHt pertama

Proses ini lebih dan kurangnya, kadang tidak berkesan sama sekali, kadang hanya sambil lewat saja, kadang memang menoreh kenangan yang begitu menyentuh dalam sanubari hingga kini. Semua itu terjadi karena pada saat yang sama, ada dinamika gaya lain yang bekerja pada area kerja lain memberikan tekanan dan juga torsi pada usaha fisika saya.

Mozaik-mozaik komunitas mengikat erat kehidupan kita, tidak hanya dalam dunia kerja tetapi juga dunia sosial dan dunia pertemanan (virtual dan fisik). Mozaik inilah yang memperkaya kehidupan anda dan saya, dalam keseharian tentu jenuh rasanya hanya memikirkan pekerjaan. Di sisi lain kita pun bosan hanya memikirkan kehidupan sosial melulu tanpa memiliki pekerjaan tetap dan bisa diandalkan serta menjadi anutan.

11214187_10208236773181400_626121870997620385_n

Yang paling menentukan zona kehidupan masih berjalan adalah tergantung dengan bintang panduan kita masing-masing, bintang pandanganku yang menjadi acuan langkah tegap kita menuju hari yang entah kapan kita pun akan khatam.

Sebagaimana orang Majusi yang diilhamkan sebuah bintang terang yang berada di timur, bersinar paling terang dan menjadi penuntun akan seorang yang besar dan kemudian menjadi tokoh dunia. Begitulah kita umat manusia, sangat memerlukan bintang penuntun sebagai panduan, sama seperti kapal yang berlayar tanpa arah dan tujuan jika nahkoda tidak memiliki pedoman.

Aku berada dalam zona kehidupan sekolah dan kelas, berada di tengah anak-anak muda yang energik dan potensial. Mereka memiliki energi kinetik dan berusaha setiap saat menggunakan geliat gaya dan semakin menghasilkan energi relatif karena ditekan. Tekanan yang datang silih berganti, kadang tidak terasa tetapi lebih sering dirasa berat dan menyesak. Tanpa tekanan, esensi minyak terbaik, hasil potensial sebagai prestasi tidak akan keluar dan tampak agar dipergunakan pihak lain menjadi sumber kehidupan dan pengalaman.

12227162_10208236777381505_7636886434951734982_n

Zona 1 #Kehidupan adalah esensi keberadaan manusia secara hakiki di muka bumi dan alam semesta (yang baru kita ketahui 20% nya saja) sisanya adalah Gelap atau Dark !

#alam-semesta, #astronomi-sosial, #bintang, #bintang-pandanganku, #fisika-masyarakat, #fisika-sosial, #zona-kehidupan