Guru Fisikamu, Brad Pitt

http://atlvisionoptical.com/eyewear-fashion/brad-pitt

Diambil dari http://atlvisionoptical.com/eyewear-fashion/brad-pitt/

Ganteng, macho, kekar, cerdas dengan dagu tirus dan rahan kuat. Rambut panjang tergerai atau bisa juga klimis rapi bak Mafia. Tubuh tegap, berotot-otot, berbukul-bukul terbentuk melalui latihan fisik yang telaten.  Senyum simpatik (bukan operator seluler yang lain), charming. Secara fisik penampilan merupakan aroma penebar pesona yang tak tertahankan dan tidak bisa ditepis kaum hawa, tidak pelak lagi menimbulkan kedengkian sesama jejaka karena gurunya jauh lebih ganteng dari mereka. Akibatnya kesempatan mendapatkan senggolan atau lirikan mata dari sesama muda yang berlainan jenis semakin sulit terjadi.

Tingkat kebolehjadian berlakunya tarik-menarik antar partikel yang berbeda muatan semakin sulit terealisasi saat seorang penengah, guru atau moderator lebih “mempesona” dan menjadi muatan lain yang membuat kuat medan listrik atau kuat medan magnetik menjadi Nol.

Tidak ada tarik-menarik atau tolak-menolak karena kejadian ini menyebabkan tidak adanya konduktivitas dan tidak adanya induksi terhadap unsur lain. Penampilan yang mempesona bisa saja menjadi “bencana” dalam kelas dan bukannya menimbulkan peningkatan keterikatan atau afinitas dalam menyerap pengetahuan melalui belajar dan bermain (bereksperimen, membuat proyek, tugas kelompok) 😀

Andaikan Guru Fisikamu, Brad Pitt .. apakah hal di atas yang akan terjadi?

Saya berharap nanti ada yang mengandaikan Brad Pitt menjadi guru serba bisa di sekolahnya 😛

http://hillsind.com/store

Diambil dari : http://hillsind.com/store/

 

Iklan

#angelina-jolie, #brad-pitt, #guru-fisika, #jennifer-aniston, #justin-theroux, #languages, #programming, #sports

Energi dalam Olah Raga

Para siswa sekarang adalah pembelajar yang melek digital, kurangi tulisan dan perbanyak gambar yang menunjukkan skala atau informasi sebagai alternatif belajar yang lebih menarik dari sekedar presentasi dan ceramah yang mungkin “kurang berkenan” pada pendengaran siswa ini.

Semoga gambar poster berikut yang diambil dari Visual.Ly bisa membantu pemahaman para siswa tentang penggunaan energi selama berolah raga :

http://visual.ly/energy-sports

http://visual.ly/energy-sports

#arts, #arts-and-entertainment, #business, #energy-sports, #fisika, #fisikarudy, #kalteng, #languages, #peter-j-stang, #physics, #picture, #poster, #programming, #rudyhilkya, #smada, #tools, #united-states, #visually

Tuner Gitar Cort E610

Saya berusaha memesan tuner gitar seperti judul di atas sesuai pesanan salah seorang rekan muda saya di sekolah almamater karena lagi getol belajar main gitar. Selain karena foto alatnya yang lengkap dan asli, Asyik berselancar di dunia maya terutama ke situs penjualan online ternama (bukan Kaskus juga Bukan Lazada), menghantarkan saya berkomunikasi dengan salah seorang penjual online.

Negosiasi berjalan normal dan lancar sama seperti pembelian lain yang sering saya lakukan dan pembelian-pembelian sebelumnya tidak bermasalah, lancar-lancar saja, kiriman berjalan dengan baik sesuai janji dua tiga hari bahkan ada yang satu hari langsung saya terima di sekolah.

Tapi untuk yang besar instrumennya cuma Gitar Tuner Clip On (Tuner gitar yang dijepit) ini yang saya pesan sejak tanggal 8-11-2013 dengan alasan Jakarta sedang hujan jadi ngga dikirim, kemudian saya tanya lagi tanggal 11-11-2013 sudah dikirim dua hari yang lalu kemudian datang pesan melalui whatsapp sudah ada nomor resinya dengan meyakinkan dengan alasan si pengirim adalah temannya (dua indikasi ini menandakan bahwa yang berjualan sudah mulai menunjukkan tanda-tanda keragu-raguan dalam berbisnis apalagi hubungan hanya telekomunikasi tanpa melihat wajah), sampai pagi ini tanggal 13-11-2013 tanda-tanda itu ngga tampak berdasarkan nomor resi yang diberikannya.

Semula dengan rasa pesimis saya menunggu dan berharap tapi di sisi lain hati ini juga merelakan jika uang yang saya kirim itu tidak menjadi betulan. Tapi Mukjizat kembali terjadi, tepat pukul 10.20 WIB sesaat setelah rekan saya tadi meng-WA dan menanyakan kedatangan barangnya, paket itu tiba muncul di depan pintu laboratorium diantar oleh Satpam sekolah kami yang setia, Pa Jona Satria.

Jadi tipsnya adalah . . . . .

#e-commerce, #jual-beli-online, #languages, #programming

Kamis, 14-11-2013

Pada hari kamis ini kelas 12 IPA-1 akan mengadakan percobaan rangkaian seri dan paralel kapasitor dengan prosedur kerja sebagai berikut :

Untuk percobaan rangkaian Seri

  1. Catat dua kapasitor yang akan dirangkai seri masing-masing spesifikasinya.
  2. Rangkaian ujung-ujung kapasitor yang berbeda polaritas (kutub) masing-masing ujung kutub dijepit buaya yang tersambung dengan masing-masing voltmeter.
  3. Voltmeter disetting pada tegangan maksimal 20 Volt yang berarti ada dua voltmeter yang dipasang pada ujung-ujung seri
  4. Nyalakan catu daya yang terhubung pada kutub positif kapasitor 1 dan kutub negatif kapasitor 2 mulai dari tegangan 3 V, 6V, 9V hingga 12 V.
  5. Amati gerakan voltase yang masuk pada kapasitor 1 dan kapasitor 2.
  6. Lakukan secara berulang masing-masing tiga kali pada setiap tegangan yang berbeda.
  7. Gambarkan plot tegangan berdasarkan kapasitor 1 dan kapasitor 2 gunakan spreadsheet sebagai alat bantu.

Untuk percobaan rangkaian Paralel

  1. Catat spesifikasi masing-masing kapasitor.
  2. Hubungkan kutub-kutub yang sama masing-masing kapasitor paralel (paralel berarti dipasang sejajar).
  3. Setting multimeter dengan mengukur kuat arus yang dialami masing-masing kapasitor (kuat arus yang mengalir adalah muatan yang mengalir setiap detik dari dan ke dalam setiap kapasitor).
  4. Amati dan catat arus listrik yang mengalir dalam setiap kapasitor nyalakan dengan tegangan yang berbeda mulai dari 3 V, 6 V, 9 V dan 12 V. Masing-masing tegangan dilakukan perulangan maksimal tiga kali.
  5. Buatlah plot grafik dari setiap voltase total terhadap muatan yang disimpan masing-masing kapasitor menggunakan spreadsheet sebagai alat bantu.

Laporan buatlah kesimpulan dari grafik yang anda amati dari data-data hasil pengamatan.

Simpan file laporan anda salah satu pada tempat-tempat sebagai berikut :

Agar dapat menyimpan dalam tempat-tempat tersebut secara online anda harus mendaftar tetapi tenanglah semua itu gratis koq 😀

 

 

#ada, #borneo, #dan-rank, #experimental, #faqs-help-and-tutorials, #fisika, #international-phonetic-alphabet, #kalimantan, #kalteng, #languages, #pada-foot, #palangka-raya, #palangkaraya, #physics, #programming, #project-report, #slideshare, #sma, #smada, #student-project, #students

Ekspedisi Persuratan

Baru seminggu liburan, sepertinya itu hanya berlaku untuk guru biasa yang ngga ngurus apa-apa. Berbeda jika anda adalah wakil kepala sekolah atau petugas penting seperti pengumpul massa, pengetik surat, guru-guru sains yang harus sedia setiap saat ditelepon dan mengikuti lomba yang kadang ngga pake jadwal sebab diberitahukan seketika tanpa jadwal yang jelas.

Apalagi surat-surat dari instansi di tingkat daerah yang tidak mengetahui jadwal libur sekolah atau memang pura-pura engga tau? Surat dikirimkan ke sekolah yang kosong melompong, kalo ada petugasnya tata usahanya itu pun bangun siang hari dan pulang juga siang hari. Mau menggunakan email ngga bisa semua, karena infrastruktur internet dan jaringan telekomunikasi maya terputus atau bahkan ngga terpasang sama sekali, bagaimana mau maju jika kesediaan infrastruktur hanya bisa dipakai tiga bulan awal sisanya tidak bisa dilanjutkan karena tidak ada dana untuk membayar biaya koneksinya. 

Makanya tidak heran, banyak surat-surat dari instansi yang sifatnya mendesak selalu datang mendadak dan tidak bisa ditindaklanjuti. Mungkin pula sumber daya administrasi di instansi dimaksud berisi petugas-petugas yang engga mau repot-repot.

Jadi, solusinya :

  • Lihat jadwal liburan sekolah untuk menentukan aktivitas yang melibatkan siswa
  • Biasanya saat libur, siswa pun bisa dihitung dengan jari untuk aktif di sekolah (terutama untuk mengerahkan masa)
  • Aktifkan twitter seperti Pemda DKI dan Humas Pemda DKI sehingga terjadi interaksi antara pemerintah daerah dengan masyarakat (jangan gunakan alasan bahwa penduduk di sini rata-rata gaptek, alasan itu yang selalu berhasil membuat kesenjangan antara aparat pemerintah daerah dengan penduduk/rakyat)
  • Beritakan perkembangan setiap SKPD melalui perangkat informasi dan komunikasi jangan cuma diupdate sebulan sekali
  • Memang harus ada Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) yang menunjukkan transparansi dan keterbukaan aktivitas instansi yang menentukan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan
  • Laporan yang disampaikan kepada Ombusdman oleh masyarakat pun selalu terkendala dengan bukti dan saksi, makanya acap kali laporan tersebut tidak ditanggapi karena data dan informasi yang nihil dari masyarakat
  • Masyarakat belum pro aktif menyampaikan keluhan baru sebatas menulis blog, mengirim sms ke media massa, belum ada gerakan sosial atau gerakan moral bersama (masih terasa nyata)
  • Sumber daya aparatur pemerintah daerah terlihat masih sangat rendah kemampuannya untuk memberikan layanan prima atau layanan memuaskan kepada masyarakat

 

#ada, #baru, #dan-rank, #languages, #ppid, #programming, #surat, #tak-province

SPG Ngga Menjual

sumber : http://roarlocal.com/

sumber : http://roarlocal.com/

Mengapa judulnya SPG ? Saya pun ngga sengaja ! Jangan diduga bahwa SPG adalah Sekolah Pendidikan Guru mengingatkan bahwa sekolah tempat saya bekerja adalah eks SPG era 70-80an, bukan itu maksudnya.

SPG atau sales promotion girl, atau sebutan penjual berjenis kelamin perempuan yang bertugas mempromosikan barang dagangan. Bukan yang berpakaian minim dan cenderung semakin sedikit kainnya, tetapi yang lebih banyak mengandalkan mulut dan suaranya sebagai alat promosi klasik.

Teringat aku akan iklan “Mulutmu Harimaumu” yang artinya mulut bau berbahaya bagimu 😛 😆
tapi kali ini dalam bentuk lain, yakni keberhasilan seorang pegawai toko terutama yang berjenis kelamin perempuan (selain karena paling mudah menilai penampilan menarik atau tidak ya dari jenis yang ini dibandingkan yang cowo), mulut penjual bisa manis bak madu, pahit bak empedu, bahkan nyinyir ala tukang sihir.

Ada yang bisa “menyihir” menjadi terus-menerus membeli, bahkan ada yang mampu membuat anda menolak membeli dan mencemooh penjualnya bahkan tempat yang mendagangkan jualan tersebut.

Contoh sederhana kegagalan SPG yang misi utamanya adalah Menjual Barang Sebanyak-Banyaknya dan semahal-mahalnya adalah

  • Saat kita membeli suatu barang dan calon pembeli mulai menawar bahkan hingga harganya aneh-aneh (di bawah harga penjualan, tentu saja pembeli selalu berusaha membeli semurah-murahnya sementara penjual akan berusaha menjual semahal-mahalnya) 😛 kemudian sang penjual mengatakan “tadi ada yang membeli barang serupa lebih banyak dari anda dengan harga yang lebih mahal !

Misal :
Calon Pembeli : Bu berapa harga mangga ini ?
Ibu Penjual : 20 ribu se kilo ! (biasanya nada pendek cenderung meninggi dan ketus)
Calon Pembeli : 15 ribu sekilo, pang ?
Ibu Penjual : tadi ada yang menukar 5 kg kada menawar ! (lebih ketus muka makin masam dan BB lebih dari bau limau)
Calon pembeli ngeloyor tanpa kesan, wajah flat sama seperti tarif internet langganan cepat (kabur tanpa sepatah kata dan meninggalkan surat pesan)

Artinya : Ada yang membeli ngga pake nawar dan jumlahnya lebih banyak dari anda ! (siapa yang percaya, siapa yang melihat ada yang beli ngga nawar banyak seperti itu, tipuan lama trik usang tapi masih sering ditemui di pasar grosir tepi jalan hingga blauran bahkan di pasar malam, membuat para penjual tipe ini semakin lama semakin usang dan dijauhi calon pembeli.

  • Kesalahan kedua : Saat seorang calon pembeli mulai banyak bertanya terhadap suatu barang mahal banget (biasanya cuma jaga gengsi dan kadang ngga bawa duit atau bertampang kere tapi dompetnya tebal sebab isinya pecahan dua ribuan sebanyak dua jutaan), biasanya seorang SPG yang (kurang) terlatih baik dan (tidak) simpatik akan (terlebih dahulu) mengatakan, ” Barang itu mahal bu atau Yang ini larang banar bu ai !”
    Nah kalimat ini sudah bertanda “meremehkan” calon pembeli dengan hanya melihat tampang tanpa melihat dompet sudah terduga ngga mampu bayar atau jangan-jangan mau klepto 😦

Artinya : di saat kita (calon pembeli) sudah mulai bertanya-tanya tanpa melakukan aksi beli bahkan aksi borong sebagaimana di pasar mata uang saat harga valas turun menukik menciruk tajam, maka SPG atau cowo penjual yang sok aksi dan sudah menerka bahwa anda ngga sanggup bayar akan segera mengamankan barang sampel dagangan dengan melabelinya mahal dan menandakan Anda ngga mungkin membelinya !

Dua kesalahan utama itu yang semakin hari semakin banyak di pasar Blauran hingga pasar yang katanya mengandung banyak toko dan dekat dengan sumber tata surya, apalagi para penjual ini tidak mengalami pelatihan penjualan yang tepat dan matang (selain mendapatkan upah kerja yang rendah dalam giliran jaga yang panjang dan didominasi berdiri semua ngga pake jongkok).

Nah, mulailah kepala saya gatal-gatal bukan karena lupa keramas tapi karena kegelian sebab lupa pake shampoo

#80an, #ada, #dan, #dari, #lama, #languages, #masam, #minho-province, #mulut, #programming, #sihir, #sports

Bapak yang itu ngga tau apa-apa

http://www.hdwallpaperspics.com/

Diambil dari http://www.hdwallpaperspics.com/

Syahdan hari ini saya tiba di sekolah istri saya, kebetula sekolahnya adalah almamater dan saya mengenal dengan baik ibu kepala sekolahnya. Setelah mengantarkan LCD proyektor beserta tas laptop yang diperlukan istri saya untuk bekerja, saya terpaksa bertahan sementara di kantornya.

Di antara sejuknya ruang bak di pegunungan Schwaner-Muller yang berhembus sejak setengah enam pagi, terjadilah obrolan menarik dengan Kepala Sekolah mengenai penerimaan peserta didik baru secara geometris mekanis yang melibatkan instansi besar dan perangkat internet. Sebenarnya inti dari percakapan ini bukan kerumitan penerimaan peserta didik baru yang diseleksi secara komputer tetapi cara manusia pengelola peralatan dan perangkat kerasnya serta teknik pendekatan para penyebar formulir isian awal yang harus tanggap dan tepat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai sistem rekrutmen model ini.

Mengingat kekurangan-kekurangan kecil pelaksanaan masa lalu yang kami harapkan semakin diperbaiki di masa kini. Apalagi hanya siswa dari region tertentu saja yang perlu mendapatkan terlebih dahulu surat rekomendasi untuk dapat melakukan pendaftaran di kota kecil kami ini.

Sesaat setelah diskusi hangat ini berakhir, tiba-tiba saya mendengar instruksi dari Sang Kepsek untuk memperbaiki pengumuman PPDB kepada istri saya yang kebetulan telah menjadi wakilnya pada urus-mengurus kesiswaan yang berkaitan dengan topik seru pagi tadi.

Karena pekerjaan saya di rumah sebagai asisten istri, berarti itu adalah “perintah tidak langsung” kepada diri saya 😛

Setibanya di rumah dengan berbenah dan berkemas-kemas, kami segera kembali ke sekolah dan mencetak perubahan pengumuman tersebut. Sementara ada semacam sosialisasi atau peragaan mengenai pentingnya menabung dari alumni sekolah tempat saya bekerja yang kebetulan terperanjat melihat kehadiran saya di almamater ini 😆 dan saya sempat menjadi juru penerang (pemasang proyektor tayangan) sebelum mereka beraksi (mencari penabung belia dalam program marketing).

Saat saya berjalan menuju mobil setelah menunggu selesainya program kampanye menabung tadi, kekasih cantik melambaikan tangan untuk mendekat sebab ada seorang lulusan sekolah ini yang meminta semacam rekomendasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan itu berarti adalah “pekerjaan saya yang lain” saat di rumah sebagai asisten 😛

Karena sambungan internet di sekolah ini macet, sebab paman penghubung tidak berada di tempat karena sedang sibuk mengecat, maka pekerjaan merekomendasi itu dilakukan di rumah saat malam hari.

Seusai kedatangan dari kebaktian kelompok di wilayah lain di kota ini, saya teringat merekomendasikan lulusan tahu 2013 tadi dan saya sempat terbentur dengan data nilai ujian nasional, yang mana data ini tidak istri saya punyai. Akibatnya sms pun beraksi untuk menghubungkan okci ini, nama alumni  yang meminta rekom tadi.

Di tengah percakapan via telepon, sebab istri saya suka sekali dengan aifon barunya memakai spikerfon terdengar pertanyaan menggelitik

“Bu, besok pagi dengan siapa saya mengambil surat rekomendasinya?” ujar Okci

“Hah, masa dengan orang lain, ya dengan saya lah !” ujar kekasih saya ini

“Lho, bukannya dengan bapak yang tadi bu?” tukas Okci

“Ya bukan, bapak itu ngga tau apa-apa!” balas istri saya pendek

“Oke bu, selamat malam, terima kasih,” ujar Okci menutup pembicaraan

Saya yang mendengar menjadi geli bergado-gado kaget, dalam hati saya bertanya “siapa ya bapak yang tadi?”

Karena seingat saya saat dilambai, saya mendekat dan Okci alumni ini mendengar serta  memperhatikan bahwa hanya saya satu-satunya Bapak yang dilihatnya di kantor saat meminta rekomendasi 😆

Galau deh

#ada, #almamater, #bapak, #bapak-yang-itu-ngga-tau-apa-apa, #dan-rank, #humor, #humour, #isian, #joke, #kami, #karena, #languages, #lawak, #lucu-lucuan, #masa, #masa-kini, #menabung, #ngga-pede, #order-of-canada, #programming, #seru-seruan

Terima Honor

Pagi ini saat asyik mengisi kompasiana dan dokumentaria ini, datang sms berdering. Muncul nama Pak Saderi, S.Pd, guru SLBN-1 Palangka Raya. Beberapa waktu yang lalu saya diundang ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Kalimantan Tengah untuk menjadi juri olimpiade sains siswa-siswa sekolah luar biasa tingkat SD dan SMP (kebetulan surat keputusannya seperti itu).

Hari selasa lalu, saya dipanggil untuk mengikuti rapat bersamaan dengan mendampingi siswa SMA mengikuti seleksi olimpiade sains di Asrama Haji dan ujiannya dilakukan di STAIN Palangka Raya. Pertemuan itu dilakukan di subdit Pendidikan Luar Biasa yang berarti ada lagi kegiatan yang sama selama dua tahun sebelumnya saya ikuti.

Ditetapkan saya bersama Bu Yuli dari Widyaiswara LPMP Kalimantan Tengah, Pak Giyanto Guru Matematika SMAN-2 Palangka Raya sebagai juri OSN MIPA tingkat SD dan SMP yang akan dihelat pada tanggal 7 Juni 2013 di Hotel Batu Suli. 

Saat memeriksa jawaban yang diberikan anak-anak SD dan SMP ini ada rasa lucu dan juga terbersit rasa haru, karena di tengah keterbatasan mereka, mereka juga mencoba beradu kognitif layaknya anak normal lainnya. Jawabannya juga beragam dan jangan berharap mereka akan menjawab seperti anak normal. Pada bagian pilihan ganda lumayan ada yang bisa menjawab hingga separuh jumlah soal sesuai petunjuk teknis pembuatan soal, tapi pada bagian isian singkat hanya beberapa anak saja yang berkeinginan menjawab. Itupun jawabannya jauh dari harapan pembuat soal.

Karena itulah saya berani mengatakan bahwa siswa SLB ini benar-benar luar biasa, demikian pula guru-guru ABK (anak berkebutuhan khusus) ini sangat luar biasa. Tidak ada kata sumpah serapah seperti menghadapi anak-anak normal, karena menghadapi anak-anak khusus juga didekati dengan cara khusus pula. Motivasi dan renungan serta refleksi paling banyak dilakukan guru-guru SLB.

Saat penutupan kegiatan sempat terjadi “kegalauan” tentang kebiasaan penyelesaian administrasi. Jika tahun lalu sampai berminggu menunggu, ternyata tahun ini tepat sesuai janji. Hanya meleset satu hari :mrgreen:

Inilah capture amplopnya :

Setelah sebelumnya mengisi biodata dan meninggalkan alamat untuk
dipanggil lagi tahun mendatang sebagai juri yang sama.

Semoga.

Salam Luar Biasa !

#ada, #dan-rank, #hari, #honor, #jika, #languages, #olimpiade-sains, #order-of-canada, #palangkaraya, #programming, #slb

Seperti Apa Sih Quick Count itu ?

Admin (Tribunnews.com)

Admin (Tribunnews.com)

Pemilihan kepala daerah mewarnai hampir setiap hari di seluruh penjuru negeri ini. Dari ujung timur hingga ujung barat, semua berpartisipasi termasuk tidak memilih sama sekali (?) Suatu keheranan saya pada suatu berita di saat pemilih banyak tidak berdatangan tapi terjadi penggelembungan suara, apakah pada saat hari pencontengan atau pencoblosan itu ada “hantu” yang bekerja atau ada jokinya?

Nah, terlepas dari masalah hantu atau bukan, joki atau bukan. Setiap kali pemilihan umum, termasuk kelak pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan anggota DPR, DPD, hingga DPRD akan ramai diwarnai yang namanya perhitungan cepat dari masing-masing tim pendukung atau tim sukses masing-masing. Mulai dari besar sampai kecil dibagi per wilayah dan jumlah kursi keterwakilan di lembaga yang direpresentasikan. Tentu perhitungan itu akan berbeda jika yang dipilih adalah pemimpin rakyat, pemimpin masyarakat suatu daerah negara, propinsi hingga kabupaten atau kota.

Lembaga-lembaga konsultan politik, lembaga-lembaga yang berkaitan dengan pencitraan personal hingga pencitraan tim sudah melengkapi peralatan mereka dengan alat survey yang namanya Quick Count atau hitung cepat. Dalam UU Pemilu tidak dimasukkan hitung cepat ini sebagai hasil resmi, sering disebut hasil tidak resmi atau hasil bias. Bahkan ada laman hitung cepat yang dicekal karena menimbulkan keresahan. Juga ada yang tidak menyetujui proses pengumuman hitung cepat. Namun masyarakat memerlukan kecepatan informasi untuk mengetahui jagoannya atau wakil-wakilnya yang disenanginya memenangi “pertarungan” ini.

Biaya besar pada calon pemimpin, para calon wakil rakyat mulai dari membuat spanduk, baliho, kaos, baju, jaket, tas, stiker, pin tak terhitung besarnya. Mulai dari puluhan juta, ratusan juta hingga milyaran rupiah anggarannya. Dihitung-hitung pengusaha juga bukan apalagi pegawai negeri ikut-ikutan, apakah mengorbankan tabungan atau pinjaman atau belas kasihan? Itu semua kita serahkan etikanya kepada para peserta pemilihan umum. Tentu ada partai sebagai motor penggerak massa yang diakui UU akan menjamin mereka semua dengan berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku layaknya operator politik. Konsekuensi politik dan komitmen politik adalah harga mutlak, harga mati yang harus dijalani sesuai kesepakatan politik atau janji-janji kepada induk pengusungnya. Baik dan buruk, untung dan rugi sudah tidak bisa dihindar lagi saat hari pencoblosan tiba.

Proses hitung cepat atau quick count sendiri, sebenarnya secara sederhana dapat kita lakukan dengan penuh kepercayaan dan integritas. Statistik yang dipergunakan cukup dengan statistik inferensial mengukur sebaran data dengan ukuran memusat. Indikasi kemenangan adalah kandidat yang banyak mendapatkan suara dari sejumlah batas tresshold-lah yang memenangkan pertarungan atau putaran pencoblosan.

Langkah-Langkah hitung cepat

#asumsi-teoretis, #baik, #bukit-batu, #cepat, #dari, #hitung-cepat-pemilukada, #juga, #languages, #maka, #namun, #perhitungan, #programming, #quick-count, #teori

Kejutan Ulang Tahun

Seperti sinetron di televisi pun juga di infotainment, saya menerima saja jika dikatakan mudah terpengaruh. Tapi rasanya bersyukur bisa melakukan semua itu walau dengan sedikit kecurigaan. Ceritanya Empat juni hari ini, kekasih hati saya yang tercinta, Defina namanya, memasuki usia lebih satu tahun dari usia saya kemarin.
Saya pribadi telah mewanti-wanti kepada anak-anak agar jangan pernah memberitaukan ibunya tentang kejutan ini. Saat ini diposting pun sudah menjadi basi, tapi lumayanlah walau tidak sama sekali. DSC_8439

Setelah sukses membuat kejutan pada harlah saya seminggu yang lalu, membuat masakan yang banyak, membawa kue dua lapis karena yang pertama terjatuh ke rerumputan hingga terakhir kostum rapi untuk saya membimbing sore hari.

Sejak malam senin saya sudah merancang rencana untuk mengeksekusi menghadiahkan sepasang kaos bola, sepasang gadget cantik kepada kekasih cantik saya ini dari sejumlah tabungan yang direncanakan, termasuk tentu saja kue ultah black forest (walaupun sebenarnya kue ini paling tidak disukai oleh pacar saya ini).
Senin pagi pun tiba, ternyata ulangan akhir semester hari ini saya tidak mengawas hanya bertindak sebagai kolektor lembar jawaban yang kemudian didistribusikan kepada guru mata pelajaran tiap-tiap kelas yang diuji. Jam istirahat pagi saya gunakan untuk mengundurkan diri bahkan sempat dicari untuk mengambil undangan rapat, tapi itu bisa dikirim lewat sms. Ada juga yang mencari saya hanya untuk berkenalan sebab masa pendaftaran siswa baru sekolah kami konon akan segera dimulai tapi saya sudah menghilang sejak awal 😛

Perjalanan pertama adalah memesan kue, segera saya tuju Workshop Kue Hendra yang ada di Flamboyan Atas dan saya dapatkan kue dengan nilai sekitar $20 dalam kurs tadi siang hehehe #biar-yang-membaca-mikir. Saya lupa membeli lilin kecil dan angka sehingga saya kembali berputar ke toserba di ujung A. Yani dan yang saya hanya temui lilin kecil-nya James Sundah dan angka 4 saja. Ternyata paling sulit mencari angka 1 itu untuk pasangannya. 😆

Demi mencari lilin saya harus berkunjung dari ujung-ujung dengan tekad menemukan angka 1, namun yang saya dapatkan hanya angka nol doang :mrgreen: sambil berpikir mencari lilin saya berpikiran jika saya pasang 41 angka 1-nya sulit, jika dipasang nol nanti sama dengan umur saya kemarin (ya sudahlah!) maka opsi terakhir yang akan saya pasang.  Ingat ini bukan nomor togel ! Antrian menanti

#defina, #flamboyan, #hut, #indonesia, #istri-saya, #kejutan, #kekasih-hati, #kolektor, #lilin, #palangkaraya, #programming, #smaga, #tabungan, #toserba, #ulang-tahun

Kejutan Lain di 40

Orang dunia mengatakan bahwa Life begin at Fourty, barangkali itulah yang sedang saya alami. Kejutan demi kejutan, surprais demi surprais saya dapati melewati hari 28 Mei setiap tahunnya. Tahun ini merupakan yang spesial (pake telor) karena kejutan pun saya terima di dalam rumah. Diceritakan sejak hari senin, istri saya tidak pulang-pulang sampai dekat pukul 14, sementara hari senin itu saya harus segera hadir di sekolah untuk membimbing Akhmad Maulani dan Anastasya Marhasak Silalahi menghadapi OSP Astronomi yang bakal dihelat di awal bulan Juni.

Telepon saya berkali-kali direject karena pada saat yang sama anak saya yang bungsu harus dijemput “tanpa paksaa” karena mengikuti pelajaran tambahan di sekolah dasarnya, sambil pula saya heran mengapa istri saya ini ngga pulang-pulang (jangan-jangan ingin menjadi Mba Toyib kah?) dan sepertinya tidak pernah ada alasan yang tepat sebelumnya, walau istri saya juga wakil kepala sekolah mengurus kegiatan kesiswaan, akhirnya telepon saya dijawab tapi pada saat saya sudah menghantarkan si bungsu di depan pintu pagar dan saya harus segera balik lagi ke sekolah. Kami juga sempat memeriksa sekolah Beliau, kalau-kalau belum pulang eh ternyata sudah tidak ada kendaraannya, dengan alasan sepeda motor masuk bengkel maka saya dapat menerima mengapa telepon saya di-reject oleh sang ibu.

Keesokan harinya sekolah tampak biasa-biasa, lengang kosong sepi, saya mengira bakalan menerima demo yang aneh-aneh dari para siswa, tapi yang saya harap tidak menjadi kenyataan hingga terjadilah sebagaimana tulisan di bagian awal kemarin. Reject reject reject

#ada, #anastasya, #bawah-tangga, #hape, #kaget, #kami, #languages, #programming, #pun, #reject, #selular, #sepeda-motor, #tarewen, #tatap

Peringatan HUT Ke-40

Hari selasa, 28 Mei 2013 adalah hari yang bersejarah bagi saya karena pada hari ini saya menjejak usia 40 tahun. Usia yang cukup matang, biasanya di tahun-tahun sebelum, para siswa yang mengejutkan saya dengan berbagai macam demo, kelakuan, terlebih-lebih kejutan. Setiap kelas berebut menampilkan kehebohan dan memberikan hiburan juga kebanggaan bagi para anggota rombongan menampilkan kejutan yang terbaik dan paling gokil. Hadiah yang “mengejutkan” saya terjadi pada tahun 2011 selain mendapat foto pigura besar, saya juga mendapatkan jerigen 20 liter berisi bensin premium yang dikumpulkan para siswa per liter dari masing-masing sepeda motornya tanpa melangsir bergantian tapi berangkat bersama-sama dan beriringan menuju SPBU. Konyol, seru dan tentu saja mengherankan mengejutkan. Apalagi saat itu sangat sulit mendapatkan bensin terlebih saya masih mengikuti perkuliahan magister di negeri sebelah 😀

Biasanya para siswa ini dengan berbagai ragam gaya mempersiapkan kejutan tapi tahun ini benar-benar sepi dari kejutan, pagi datang menjelang dan semua tenang diam membisu tidak ada kegiatan atau gerakan-gerakan yang aneh. Saya sendiri heran tapi biarlah yang terjadi biarlah terjadi.

Sebelum memasuki kelas saya sudah dikejutkan dengan semprotan terompet gas oleh Rambebasa (sepertinya merupakan tanda-tanda surprais) Pada hari ini sebagaimana tergambar di kelas  XI IA-5 : (courtesy of Swansea Tridua tiga empat lima)


yang saya perhatikan adalah spanduk besar di papan tulis sebagai berikut : spanduk Surprises Bangetss

#28, #asia, #fisika, #fisikarudy, #gurusma, #hari, #hut, #kalteng, #kelas, #mei, #opera, #palangka, #programming, #raya, #rayuan-pulau-kapuk, #rudyhilkya, #sma, #spider, #update

Metaformosis Diri

Bersama Angkatan 2002 SMADA Kelas 3IPA2

Bersama Angkatan 2002 SMADA Kelas 3IPA2

Saya memilih mengajar fisika selain karena tidak ada jurusan yang cocok juga karena kegagalan menjadi ahli telekomunikasi digital (ceritanya saat itu akhir tahun 1991 ada sekolah tinggi telekom yang baru saja dibuka oleh PT Telkom dan saya sempat lolos dari tes akademik, psikotes, hingga penetapan akhir tapi tidak diterima) yang akhirnya selama 1991 -1992 saya tidak kuliah dan tahun 1992 saya memilih FKIP Universitas Palangka Raya Jurusan Pendidikan MIPA program studi pendidikan Fisika. Kuliah cukup lama karena

Tahun 1997 saya melaksanakan program pengenalan lapangan sebagai guru magang di SMAN-1 Palangka Raya yang selanjutnya pada tahun yang sama saya bekerja sebagai guru tidak tetap di sana hingga tahun 2001 sembari menyelesaikan kesarjanaan. Pada tahun yang sama saya berkeluarga dengan mengandalkan penghasilan sebagai guru tidak tetap dan honor serta memberikan pelajaran tambahan dengan biaya 10 rebu per bulan. Saat itu sudah lumayan besarnya :mrgreen:

Bersama kelas 3IPA2 tahun 2002 (pertama menjadi Wali Kelas)

Sementara di SMANSA, saya menyambi menjadi guru honor pula di SMAN-4 Palangka Raya tahun 1997 namun karena kejelasan honor bulanan yang tak tentu dan cenderung menurun  saya memutus keluar pada tahun 1999 (saat zaman Pak Hekker ini saya digaji 35 ribu sebulan, sementara di SMANSA mulai dari 150 ribu hingga terakhir 250 ribu, kebetulan bendahara BP3 saat itu menjadi Kepala SMAN-2 Palangka Raya sekarang, yakni bu Dra. Badah Sari) 😀  dan mulai 1999 itu dengan kepala sekolah yang baru Pak Drs. Yuwono, saya menotalkan diri berguru di SMANSA.

Tahun-tahun di SMANSA saya lalui dengan pahit, getir, suka, duka dan saya ingat akan insiden dengan salah satu anak guru olah raga sama-sama mengencang urat leher dan menarik kerah pakaian dan saya yang kalah karena posisi lemah. Pelajaran berharga yang saya terima dari Fajar Ebtanto agar menjadi guru jangan main gebrak meja atau mudah tersinggung ! Terima kasih Fajar entah di manakah anda berada sekarang. Setelah terakhir saya amati sebagai pengusaha 😀 Menjadi Guru jangan Mudah Tersinggung

#asia, #awal, #cerita, #karir, #kisah, #programming

Lomba Mading Siswa se-Kalimantan Tengah 2013

Ini adalah potongan twit yang saya kirimkan sejak kemarin Malam, 17-3-2013 bahwasanya diadakan Lomba Mading siswa SMP sederajat dan SMA sederajat se-Kalimantan Tengah yang pendaftarannya dimulai tanggal 18-3-2013 sampai dengan 29-3-2013 melalui situs kompetisimading.kalteng.siap.web.id yang dapat diakses mulai pukul 12.00 WIB hari ini.

Mengenai Surat Keterangan sekolah yang dilampirkan dalam formulir (dan discan dalam bentuk pdf selanjutnya dikompres menjadi rar atau zip) adalah Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah atau pihak yang berwenang di sekolah menerangkan bahwa anda beserta rekan-rekan tim benar-benar dari Sekolah dimaksud dan bukan dar kategori umum. Formatnya sama seperti surat keterangan yang biasa dikeluarkan menurut ciri khas masing-masing sekolah, bentuk tidak mengikat namun resmi dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pihak penyelenggara nanti akan menunjuk saksi dari sekolah untuk membuktikan bahwa pekerjaan anda benar-benar selesai sesuai dengan waktu yang ditetapkan atau tidak.

poster mading kalteng-2-1

#central-kalimantan, #languages, #programming, #time-in-indonesia

Latihan-Ujian-kelas 12-2013

announce

Berikut adalah dua presentasi yang saya buat menggunakan timer dan dapat dikembangkan untuk kelas 12 :

12ipa1-us-2013

Uji Kompetensi 12ipa2

Semua slide ada yang disetting dalam waktu semenit dan ada yang disetting satu menit lebih sehingga cocok untuk melatih siswa mengerjakan soal-soal sederhana dalam waktu yang sesuai (disesuaikan).

Selamat Berlatih.

#ada, #faqs-help-and-tutorials, #languages, #microsoft-powerpoint, #presentasi, #programming, #slideshare, #uji

Optik Geometri – (2) untuk Kelas X

Concave mirror math

Concave mirror math (Photo credit: Wikipedia)

Concave mirror F

Concave mirror F (Photo credit: Wikipedia)

 

 

 

 

 

Setelah penugasan menggambar pemantulan sinar pada cermin cekung (konvergen) dan cermin cembung (divergen), anda dapat memastikan bahwa sinar-sinar yang mengumpul dan sinar yang menyebar berdasarka bentuk kelengkungan masing-masing cermin dan itulah asal sebutan masing-masing cermin.
Akibat lain anda dapat melihat berbagai macam sinar istimewa yang dibentuk dan terjadi pada penggambaran pemantulan tersebut.
Berikutnya, tentukan letak pembagian ruang dalam cermin cekung dan cermin cembung serta coba gambarkan pembentukan bayangan pada masing-masing pembagian ruang tersebut.
Petunjuk untuk cermin cekung:

  1. Antara titik kelengkungan cermin (vortex) dengan titik fokus cermin disebut ruang 1,
  2. antara titik fokus dengan pusat kelengkuran cermin dinamakan ruang 2,
  3. ruang yang berada di belakang pusat kelengkungan cermin disebut ruang 3,
  4. ruang yang berada di belakang cermin cekung disebut ruang 4.

Untuk cermin cembung :

  1. Ruang yang ada di depan cermin disebut ruang 4.
  2. Ruang yang berada di belakang cermin dan sebatas dengan titik api disebut ruang 1.
  3. Mengapa tidak ada ruang 2 dan ruang 3 ?
Convex mirror C

Convex mirror C (Photo credit: Wikipedia)

#asal-usul, #cermin, #curved-mirror, #factory, #glass, #latihan, #light, #mirror, #optics, #optik, #palangkaraya, #pekerjaan, #programming, #siswa, #sma2, #smada, #tugas

Menambah Follower di Twitter

Ini adalah topik yang menarik selama dua bulan terakhir dan secara kebetulan hari ini saya menemukan berbagai alamat untuk menambahkan follower di twitter tanpa meminta follback atau mention, mula-mula menyenangkan dari sejumlah 1600-an meningkat menjadi 1700-an pengikut yang virtual (dan sedikit yang hendak saya kenali).  Ada yang menjanjikan menambah 20 pengikut dari indonesia setiap hari (1 x 24 jam), ada yang mampu menjanjikan menambah sampai 50 follower hingga 100 follower dalam 1 x 24 jam.

Tergantung berapa lama anda telah mengaktifkan aplikasi pencari follower ini, mula-mula ada pengurangan 5 pengikut baru langsung meng-unfollow, tetapi seterusnya setiap kali ada 100 akun yang terkait dengan akun twitter anda, pengurangan itu menjadi tidak signifikan alias hanya berkurang sampai dengan 5 – 10 follower saja (bagi yang hendak menambah follower virtual sebagai main-mainan atau gaya-gayaan mungkin cukup menyenangkan), tetapi bagi yang serius berteman ini potensi yang “mengundang” kemungkinan lain yang dapat menyenangkan atau bahkan sebaliknya. Jadi berhati-hati dengan visi menambah follower jika anda tidak siap menghadapi risikonya.

Nah, masalahnya beberapa jam kemudian, akun twitter ini seolah-olah digunakan untuk menghubungi akun twitter orang lain untuk mereferensi atau menambah pengikut lain secara berantai. Semula ini akan menjadi masalah besar, tetapi setelah saya perhatikan pada pengaturan aplikasi twitter ternyata kita dapat mencabut hak akses semua izin yang telah kita otorisasikan kepada aplikasi BOT ini tadi untuk tidak aktif atau dinon-aktifkan.

Maka jangan takut bereksperimen sambil hitung-hitung meningkatkan jumlah follower sesuai dengan harapan anda.

Tapi anda pun harus memasang aplikasi auto followback atau follback application agar anda memberikan kesempatan yang sama kepada follower baru sehingga mereka juga tidak merasa rugi karena mengikuti akun twitter anda.

Selamat mencoba !

PS : kunci untuk mencarinya yaitu auto-follower-twitter, bot-auto-follower, cari-follower

#languages, #online-communities, #programming, #social-networking, #tambah-follower, #tambah-follower-twitter, #twitter

Plagiat Fisika Cinta

Tadi malam saat menghadiri kebaktian perkabungan salah satu kerabat kami, saudara sepupu saya  bercerita tentang perjalanan istrinya menempuh progam doktoral dan telah sampai ujian tahap tertutup sambil menunggu ujian promosi terbuka di salah satu universitas negeri ternama di Jakarta. Yang berkesan dari obrolan kami yaitu cara para promotor dan dosen pembimbing kandidat doktor menguji apakah proposal serta disertasi yang ditulis oleh mahasiswanya itu terindikasi plagiat atau menjiplak ataukah mengambil langsung kutipan dari sumber aslinya. Menurut sepupu saya ini, sekarang para editor jurnal ilmiah semakin canggih dengan menerapkan aplikasi anti-plagiat. Saya pun penasaran, karena menurutnya, lebih dari dua sampai lima kata yang sama dianggap plagiat dan untuk menghindari indikasi yang mencemarkan tata cara akademik tersebut sang penulis atau kandidat harus menyertakan bukti pustaka atau literatur yang dijadikan referensi dan harus dapat menunjukkan literatur asli tersebut sampai pada halaman dan paragraf yang mencantumkan kalimat teori yang dikutipnya sebagai landasan faktual kerangka berpikir dalam disertasi tersebut.

Konon, tidak sedikit yang terjebak dengan indikasi plagiat atau jiplak-menjiplak ini yang sebenarnya adalah karya orang lain kemudian diakui sebagai karyanya sendiri atau mencantumkan buah tulisan serta pikiran orang lain tanpa menyebutkan sumber referensi yang tepat atau sesuai.

Plagiat juga yang merusak kreativitas dan membuat kehormatan menuliskan pokok pikiran secara orisinal menjadi terganggu secara mental karena takut dicontek dan diakui sebagaimana dagelan aku-mengaku kesenian asli negeri kita sebagai kesenian asli negara jiran. (itu salah satu contoh plagiat mentah-mentah).

Terlebih-lebih dalam dunia akademisi, yang rentan dengan indikasi jiplakan ini sebagai langkah pintas menyelesaikan tugas akhir.

Plagiat menurut Kamus Bahasa (yang saya gunakan bahasa inggrisnya asli yaitu “plagiarism” dari Kamus Bahasa Inggris karangan Drs. Peter Salim, Penerbit Modern English Press, 1988) disebut sebagai penjiplakan (kata benda).  Di Wikipedia pun dijabarkan bahwa plagiarisme adalah pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri (http://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme).

Apakah itu merugikan? Ya, benar sekali. Sama halnya dengan pembajakan, perampokan kekayaan intelektual seseorang atau kelompok, merugikan hak yang paling hakiki dari kreativitas seseorang atau kelompok untuk berekspresi yang sebenarnya. Kadang kala muncul kerancuan jika ide atau tulisan itu muncul bersamaan, pada saat yang simultan sehingga tergantung pada pihak yang berwenang memenangkan siapa yang menjiplak atau siapa sebagai pencetus ide aslinya (masih tergantung).

Namun sekali lagi dalam dunia akademik untuk mencapai gelar sarjana, magister, master, doktoral, doktorat hingga profesor sebagai guru besar, para pakar dan komite yang mengesahkan berhak atau tidaknya titel-titel tersebut diberikan kepada para calon (kandidat penerima gelar)  bersepakat memberantas plagiat-plagiat melalui tahapan sebelum para kandidat diuji hingga dianggap layak menyandang gelar dimaksud. Salah satunya melalui aplikasi anti-penjiplakan.

Anti plagiat

#ada, #bahasa, #jakarta, #karangan, #kesenian, #kreativitas, #programming

Tersiksa

Pukul 1 dinihari, leher terasa cekat karena tak mampu menelan. Ludah pun terasa tertahan di kerongkongan tak dapat berangsur turun, terasa berat dan ada yang tersangkut di amandel. Lift-nya enggan beroperasi. Ini berarti tanda-tanda  imflamasi peradangan sudah mulai menunjukkan taringnya, sakit demam bakal berkuasa dalam tubuhku. Semula tubuhku malas beranjak dan membiarkan penyelesaian pekat siksa di esofagus akan mereda alamiah dan dengan sendirinya, tetapi semakin lama tubuh mencoba berhibernasi dan kadang melakukan shutdown dan restart secara bergantian bak memancing sinyal HSDPA yang enggan memainkan penghantaran di gadget komunikasi, semakin lama siksa dalam esofagus ini makin memberangus dan membual-bual meronta-ronta.

Serta merta dengan mata berat, kepala berbintang-bintang kejora, aku membangkitkan tubuh dari pembaringan. Menggeserkan langkah-langkah berat dan malas dengan menyeret translasi telapak kaki yang kedinginan dan terasa kesat di ubin marmer ruang tidur menuju bangsal makan. Di lemari jamuan telah tersedia seperangkat bahan-bahan kimia penangkis serangan virus dan bakteri pun juga penangkis kuasa kegelapan yang ingin melahap jiwa menuju pemanasan kekal. Tak tanggung-tak tanggung sambil mata berusik terhadap plasma kitat yang membengkak dan mengais-kais bungkus plastik mencari-cari target yaitu antibiotika. Seiring dengan ketakutan akan penyakit aneh karena kelebihan antibiotik, terpaksa obat kimiawi ini harus kutelan karena tak tahan dengan radang tenggorokan.

Tak disangka segelas teh panas telah tersedia, entah oleh siapa. Oh mungkin oleh istri dan anak tercinta yang melihat ayahnya terbaring sambil terbatuk-batuk tak dapat menahan kantuk. Gelas berisi cairan warna kecoklatan dengan aroma melati langsung tandas menghantarkan sang amoxi melaksanakan tugasnya menuju medan pertempuran di kelenjar saliva. Tak berapa lama sesaat badan lunglai ini kembali berada dalam selimut, terasa benar pasukan-pasukan peradang antibodi beserta para regu leukosit langsung bergetar hebat menyerang para penyusup di tenggorokan, getaran anarkis dan perang sporadis terjadi di seluruh medan agitasi. Jantungku berdebar tak keruan dan nafas kembang kempis menahan asa sambil membayangkan keonaran dalam tubuh, dada, dan lokasi terparah di glandula saliva tengah terjadi peperangan maha dashyat secara mikroskopis. Pasukan leukosit tidak lari terbirit-birit menahan serbuan pengacau kedamaian di dalam tubuhku, dan aku tak tahan membayangkan betapa sengitnya tembak-menembak atau serangan-serangan misil serta peluru kendali dan bombardir pesawat tempur, kapal penjelajah, tomahawk ataupun Scud dalam lambung. Perlahan-lahan pertempuran sengit dengan menurunkan berbagai persenjataan modern itu mereda dan berubah menjadi perang gerilya, menuju lambung dan intestinum yang akhirnya aku tak tahu lagi menahan rasa karena kantuk di mata begitu penat dan pandangan pun buyar setelah melirik jam dinding menunjukkan waktu pukul 3 dinihari di saat hujan dan petir membahana bak menunjukkan taji dan gigi kehebatannya dalam kegelapan subuh dan gemuruh bak air bah mengguyur kota kecil kami hingga pagi minggu menjelang.

#asia, #dicta, #erang, #getaran, #kejora, #languages, #peperangan, #perang, #permintaan, #programming, #prosa, #sakit, #translasi, #virus-dan-bakteri