1. Sebuah benda berada dalam posisi yang dinyatakan dengan fungsi

{r} = (4t^2)i + (12t + 4)j

Tentukan :
a. perpindahan dan nilai perpindahan benda dalam selang t = 1 s hingga t = 4 s
b. kecepatan saat t = 4 s
c. kecepatan rata-rata dari t = 1 s hingga t = 4 s

2. Sebuah peti ditarik dengan gaya sebesar 100 N yang membentuk sudut 37^o . Jika permukaan lantai memiliki kekasaran yang dinyatakan dengan koefisien gesek statik \mu=0,6 dan koefisien gesek kinetik \mu=0,4. Tentukan besar usaha yang dikeluarkan.

3. Dua buah kelereng masing-masing A dan B bermassa sama keduanya bergerak berlawanan arah dengan kecepatan 10 m/s dan 12 m/s. Jika keduanya mengalami tumbukan lenting sebagian (e = 0,8). Berapakah kecepatan masing-masing kelereng setelah tumbukan ?

4. Hitunglah kuat medan gravitasi yang dialami benda berdiameter 10.000 km yang memiliki percepatan gravitasi di permukaannya sebesar 10 m/s2. Hitunglah massa jenis rata-rata benda tersebut.

5. Sebuah pegas dipasang vertikal setelah digantung beban 10 N pegas bertambah panjang 2 cm dari ukuran semula. Jika beban dinaikkan 2 kali dari beban sebelumnya, hitunglah besar energi potensial yang dialami pegas tersebut.

6. Seorang pelari bermassa 60 kilogram melakukan kegiatan menaiki puncak paz setinggi 20 meter dalam waktu 60 detik. Tentukan besar daya yang dikeluarkan oleh pelari.

7. Bulan memiliki massa 7 x 1022 kilogram dan jari-jarinya 1,7 x 106 meter. Hitunglah laju minimum suatu benda agar dapat terlepas dari orbit bulan.

8. Sebuah bola bermassa 100 gram menumbuk dinding dengan kecepatan 50 m/s, setelah beberapa saat bola terpantul kembali dengan arah yang berlawanan dan kecepatan bola menjadi 20 m/s. Hitunglah impuls yang dialami bola dimaksud.

9. Sebuah peluru bermassa 50 gram ditembakkan dari senapan hingga memiliki kecepatan 100 m/s. Peluru menumbuk balok kayu yang bermassa 450 gram yang tergeletak di atas lantai licin dalam keadaan diam. Tumbukan yang terjadi adalah tumbuk tidak lenting, mengakibatkan peluru bersarang di dalam balok dan bergerak bersama-sama balok tertumbuk. Hitung energi kinetik peluru sebelum dan sesudah tumbukan. Jelaskan mengapa energinya tidak sama !

10. Balok bermassa 10 kilogram bergerak dengan kecepatan 5 m/s di atas lantai kasar sejauh 10 meter. Jika koefisien gesekan statik \mu=0,5 dan koefisien gesekan kinetik \mu=0,3. Hitunglah besar usaha yang terjadi dalam kasus ini.

mundur sejenak

Petunjuk mengerjakan sudah tersedia scribd.com (semoga berhasil)