Mencoba jadi Guru SDN-2 Kereng Bengkirai

Senin, 24 November 2014 saya bergegas menuju SDN-2 Kereng Bengkirai di Jalan Anggrek No. 56 Kelurahan Sabaru Kereng Bengkirai dekat dengan Pelabuhan untuk berlatih dayung yang pernah membawa nama harum Kalimantan Tengah beberapa tahun lampau.
Kenapa sampai ke SD ini? Kebetulan saya pernah mendaftar di Kelas Inspirasi yang diadakan tanggal 24 November 2014 di Palangka Raya. Program ini digagas oleh Anies Baswedan yang kini menjadi Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah saat itu namanya Indonesia Mengajar. Undangan ini saya turuti setelah sebelumnya melihat-lihat lokasi dan bertemu dengan pak Yuhanson, SPd sang kepala sekolah.

IMG_1129
Pagi kemarin, saya ikut upacara bendera bersama rekan-rekan lain dari berbagai Profesi, ada ibu dokter Esther Nurima dari Jakarta, Joko Anggoro dari PT Philips Indonesia, Anne dari penerjemah di Dinas Pariwisata dan Seni Budaya Kota Palangka Raya, Karlinah (alumni SMAN-2 Palangka Raya tahun 2002) yang bekerja sebagai Captain Lounge di Swiss Bell Hotel Danum Palangka Raya, ditemani Yusy sang wartawan untuk mengabadikan kegiatan dan beberapa nama lain tapi kehadiran mereka hanya sebentar karena berbagai urusan. Dengan Fasilitator tempat Rhenold bukan Khasali beserta Lya. Juga ada keponakan bu Esther yang cantik-cantik Sasa dan Chika.
Kami melaksanakan sehari mengajar di sekolah dasar. Pertama masuk kelas dengan murid sedikit hingga kelas 1 sampai kelas 6 tidak masalah, tetapi setelah tenaga pengajar inspirasi berkurang maka kelas digabung baru dimulai kesesakan dan kegaduhan karena keributan-keributan antar siswa yang semestinya tidak terjadi jika guru kelasnya turut mendampingi. Pukul 13.00 mestinya saya mengikuti gathering di Rumah Jabatan Wakil Walikota, tetapi karena panggilan tugas saya harus kembali ke SMAN-2 Palangka Raya untuk menyusun kegiatan evaluasi akhir semester dan baru tiba di rumah pada pukul 15.30 wib ~ semestinya hari kemarin itu enjoy – tapi pulang-pulang badan remuk redam tulang belulang tak berpasangan. Akhirnya tepar di atas tempat tidur dari senja hingga menjelang dinihari pagi buta

yang chubbynaik flag salut flag sdnice rowskelas 1 kelas 3 kelas 5 kelas 5a barisan dokter Esthercalon bos  try me try me2 Joko Anggoro karlinah 2 karlinah swiss lets play with Anne lets play with Anne-2 Me In Action raise hands SDN-2 Krg Brg Crowd Class calon bosmemori danau sabaru kinitry me2chika klasinspirasi memori2 memori3 sasa-chika sasa-chika2 yusy hartati interaksi anne interaksi anne2 interaksi anne3 interaksi esther interaksi joko interaksi joko2 interaksi1 interaksi2 interaksi3 interaksi4 interaksi5 interaksi6 interaksi7 interaksi8 interaksi9 kelasinspirasi
Namun begitu rasanya suka dan duka menjadi Guru Sekolah Dasar yang ributnya sebenarnya bikin enjoy tapi karena kelas digabung menjadi berasa hambar.