Rangkaian Kapasitor

Ada bagian menarik yang dapat digunakan untuk menganalogikan pergerakan muatan listrik dalam rangkaian kapasitor.
Bagi yang berkenan dapat menambahkan gambar rangkaian kapasitor seri dan susunan paralel.

Aliran yang diperhatikan dalam rangkaian kapasitor adalah aliran muatan yang dilambangkan dengan huruf Q (baca : ki, kai, atau chi).
Muatan listrik dapat digambarkan sebagai tenaga alam yang mengalir dari potensial tinggi menuju potensial rendah (filsafat dalam Tai Chi). Kemudian aliran tenaga alam ini dikelola secara seri (yang berarti membangun satu aliran parit aliran) serta dikelola secara paralel (membangun parit-parit sejajar).
Aliran-aliran tenaga alam Q kemudian dapat disimpan atau dideposit sebagai tenaga potensi (tenaga yang disimpan kemudian dikeluarkan saat diperlukan ~ bisa juga disebut tenaga dalam).
Aliran muatan listrik Q ini menghasilkan potensial yang berbeda-beda tergantung kapasitas penyimpannya (jika dipasangkan pada rangkaian SERI) dan akan menghasilkan potensial yang setara jika disimpankan pada kapasitor yang dipasang sejajar (rangkaian PARALEL). Soal Latihan Kapasitor untuk Kelas XII Ilmu Alam tahun 2009

2 comments

    • ya bagus tami, cukup seperti ini tidak perlu diberi komentar karena melalui Ping Balik saya mengetahui ada yang menautkan isi blognya 😀

      Suka

Komentar ditutup.